Berita

Rumah Pusat Edukasi Data Market Berita Perdagangan USD/CAD di Bawah 1,3600 di Tengah Melambungnya Harga Minyak

USD/CAD di Bawah 1,3600 di Tengah Melambungnya Harga Minyak

by Didimax Team

Pasangan USD/CAD saat ini berada di bawah tekanan jiwa yang berat menyusul kenaikan sebelumnya yaitu 1,3660 yang merupakan tertinggi minggu ini. Ditambah lagi pasang mata uang ini mempertahankan nada penawaran jual selama paruh pertama di sesi Eropa. 

Sampai sekarang di dekat ujung bawah kisaran harian yaitu di bawah 1,3600. Padahal harga minyak mentah mendapatkan fraksi positif di hari kedua secara berturut-turut di mana menopang Loonie. 

Yang berhubungan dengan komoditas dan membebani pasangan mata uang ini. Angka IMP Tiongkok juga optimis di bulan Februari sehingga menimbulkan harapan bahwa pemulihan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut semakin menguat dan mendorong prospek permintaan bahan bakar.

Hal ini menjadi salah satu faktor yang berkontribusi pada penurunan pasangan mata uang ini di perdagangan harian. Namun terdapat tanda-tanda meningkatnya stok minyak mentah di Amerika serikat yang merupakan konsumen minyak terbesar di dunia dan peningkatan pasokan dari OPEC bisa menunda kenaikan harga minyak ke depannya.

 

CAD Sedang Mengalami Kesulitan 

Ekonomi di HSBC memperkirakan dolar Kanada mengalami kesulitan saat ini. Fokus lokal jangka pendek yang kemungkinan tertuju pada pertemuan Bank of Canada di 8 Maret mengisyaratkan jeda bersyarat dan pasar telah menerimanya. Ditambah lagi ada antisipasi hanya 2 BP di Maret dan 8 BP di April. 

Bank of Canada maka fokus pasangan mata uang ini akan beralih ke laporan ketenagakerjaan dari AS dan Kanada di 10 Maret kemudian rilis IHK AS di 14 Maret. Pada akhirnya sulit membuat kasus istimewa untuk penguatan jangka pendek cad sebab memiliki waktu jeda. 

Ditambah lagi pertumbuhan ekonomi Kanada terhenti di kuartal 4 setelah publikasi data Loonie mereda. Para ekonomi di commerzbank juga memperkirakan CAD akan mengalami kesulitan melawan USD dan EUR. Apalagi data PDB kanada lebih rendah dari yang diperkirakan.

Hal ini menggambarkan perekonomian mengalami stagnasi dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Bahkan hasil untuk kuartal sebelumnya direvisi lebih rendah. data tersebut akan mengkonfirmasi jalur BOC ditambah lagi pertemuan bulan Januari BOC mengisyaratkan bahwa mereka ingin menunggu dan melihat apa dampak kenaikan suku bunga besar-besaran tahun lalu di perekonomian. 

Bahkan ada juga pengumuman mengenai jeda suku bunga di pertemuan minggu depan. Momentum ekonomi kemungkinan besar akan sesuai dengan BoC dan konfirmasi mengenai pandangannya bahwa tingkat inflasi inti yang tinggi akan kembali ke targetnya.

Penting untuk Loonie pada saat ini apakah data Kanada mengkonfirmasi gambaran ini atau tidak. Karena CAD akan terus sulit pulih dari USD dan EUR sebab khawatir inflasi inti menjaga ekspektasi suku bunga masih tinggi.

Pasangan Mata Uang Ini Dalam Penawaran Jual Berat di Bawah 1,3600

Menjelang sesi Amerika Utara pasangan mata uang ini terus mengalami pelemahan dan membalikkan sebagian besar pergerakan positif di hari sebelumnya ke area 1,3660. Pasangan mata uang ini diperdagangkan di dekat area 1,3585 atau titik terendah harian. Hal tersebut juga ditekan dengan nada penawaran jualan tinggi di sekitar dolar AS.

Indeks USD yang melacak greenback terhadap mata uang mundur tajam dari tertinggi multi mingguan di tengah pemulihan dalam sentimen risiko global. Ditambah lagi angka IMP Tiongkok yang berpotensi optimis bisa meningkatkan kepercayaan investor dan membebani safe haven dolar AS.

Namun kondisi melemahnya USD kemungkinan besar akan tetap terbatas di tengah menguatnya ekspektasi the Fed akan menaikkan suku bunga untuk waktu yang lama agar bisa menjinakkan inflasi. Data makro AS juga mengarah ke ekonomi yang tetap tangguh sehingga memungkinkan Bank sentral AS untuk mempertahankan sikap hawkish nya.

Jadi Anda harus mendukung pembeli USD dan dapat memberikan dukungan kepada mata uang USD/CAD. Penurunan harga minyak mentah di perdagangan harian bisa merusak Loonie yang berhubungan dengan komoditas. Namun bisa mendukung prospek munculnya beberapa aksi beli di sekitar mata uang ini.

Akan tetapi pihak investor tetap khawatir bahwa kenaikan biaya pinjaman bisa menghambat pertumbuhan ekonomi serta mengurangi permintaan akan bahan bakar. Hal ini bersamaan dengan tanda-tanda peningkatan stok minyak mentah di AS dan pasokan tambahan dari OPEC yang bertindak sebagai penghambat untuk emas hitam.

Jadi harus hati-hati sebelum menempatkan taruhan bearish agresif di sekitar mata uang ini dan mempersiapkan diri untuk depresiasi lebih lanjut. Inilah beberapa informasi terkini mengenai pasangan USD/CAD.

KOMENTAR DI SITUS

FACEBOOK

Tampilkan komentar yang lebih lama