Berita

Rumah Pusat Edukasi Data Market Berita Perdagangan Pembalikan Arah AUD/USD Tidak Memiliki Kekuatan

Pembalikan Arah AUD/USD Tidak Memiliki Kekuatan

by Didimax Team

Mengalami resistensi 0,6750 pada sesi Asia, saat ini pasangan mata uang AUD/USD tengah berjuang untuk melakukan pemulihan. Pergerakan pemulihan dalam aset mata uang ini berdasarkan support level bulat di 0,6700 di mana tidak memiliki kekuatan akibat sentimen risk off belum hilang 

S&P500 berjangka telah mengalami banyak kenaikan setelah mencatat pemulihan moderat di hari Senin. Hal ini merupakan imbal hasil obligasi AS bertenor 10 tahun berjuang untuk mempertahankan kenaikan di atas 3,92%. Namun dolar Australia gagal menemukan penawaran yang signifikan walaupun data penjualan ritel bulanan telah dirilis.

Pasangan mata uang ini juga membentuk pola candlestick hammer di dekat support krusial yang diplot dari level terendah 29 Desember di 0,6710. Pembentukan kandil hammer ini mengindikasikan kemunculan pembelian evolusif Sebab mereka menganggap aset ini sebagai value buy terjadinya penurunan tajam.

 

Pasangan Mata Uang Ini Akan Pangkas Kenaikan Moderat Intraday

Setelah naik ke pertengahan 0,6700 pasangan mata uang ini menarik beberapa penjual. Bahkan menghentikan pemulihan moderat dari level terendah sejak Januari yang diraih pada hari sebelumnya. AUD/USD mundur ke ujung bawah kisaran harian yaitu di wilayah 0,6730-0,6725 pada sesi Eropa dan terdapat tekanan oleh hidupnya permintaan dolar AS.

Prospek pengetatan kebijakan lebih lanjut oleh The Fed tentunya mendukung kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah as dan menjadi salah satu pendorong bagi USD. Faktanya di pasaran banyak yang yakin bahwa bank sentral as akan mempertahankan sikap hawkish untuk waktu yang lebih lama setelah terjadinya inflasi tinggi.

Apalagi hal tersebut ditegaskan kembali oleh indeks harga PCE yang telah dirilis Jumat lalu di mana mengindikasikan bahwa inflasi tidak turun secepat yang diharapkan. Pada pelaku pasar tetap khawatir mengenai tantangan ekonomi yang berasal dari kenaikan cepat biaya pinjaman. 

Namun terlepas dari hal tersebut ketegangan geopolitik yang membatasi pergerakan optimis di pasar ekuitas bisa menguntungkan safe haven greenback. Hal tersebut juga memberikan kontribusi untuk membatasi kenaikan Dollar Australia yang sensitif dengan risiko. 

Bahkan keadaan di atas bisa menutupi penjualan ritel Australia yang lebih baik dari prakiraan dan tidak memberikan banyak dukungan untuk pasangan mata uang ini. Biro statistik Australia juga melaporkan bahwa penjualan ritel mengalami pertumbuhan 1,9% di Januari dibandingkan dengan prakiraan konsensus naik 1,5%. 

Bahkan di bulan sebelumnya tercatat penurunan 3,9%. Ketidakmampuan pasangan mata uang ini untuk mendapatkan traksi yang signifikan sebagai reaksi data domestik yang optimis menunjukkan bahwa trend menurun yang disaksikan sejak awal bulan ini masih belum bisa diselesaikan. Jadi tidak menutup kemungkinan penjual menunggu penembusan berkelanjutan di bawah 0,6700.

Perkembangan Terkini Mengenai AUD/USD

Untuk pasangan mata uang ini sedang mengalami fase naik turun di antara kenaikan tipis atau penurunan minor walaupun berhasil mempertahankan di atas 0,6700 di sesi Amerika Utara. Sementara itu untuk pengaturan teknis tetap condong mendukung pedagang bearish dan prospek depresiasi jangka pendek lebih lanjut.

Dari sudut pandang teknis penembusan support penentuan berada di 0,6800 sampai 0,6780 di hari Jumat lalu dipandang sebagai salah satu pemicu bagi pedagang bearish. Di kawasan tersebut terdiri dari SMA 200 hari dan lebar traceman fibonacci 38,2% dari rally terendah Oktober 2022. 

Ditambah lagi oscillator pada grafik harian bertahan jauh di wilayah negatif dan masih jauh dari zona oversold di mana memvalidasi prospek bearish pada pasangan mata uang ini. Namun pedagang bearish cenderung menunggu pelemahan berkelanjutan di bawah angka 0,6700 sebelum memberikan taruhan baru. 

pasangan mata uang ini bisa mempercepat penurunan ke zona 0,6660 atau level fibo 50% kemudian ke 0,6600. Untuk lintasan ke bawah bisa berlanjut lebih jauh ke level fibo 61,8% di sekitar wilayah 0,6550. Jika berada di wilayah tersebut harus bertindak sebagai dasar yang kuat untuk harga sport dan membantu membatasi penurunan untuk sekarang. 

Di sisi lain upaya pemulihan signifikan di atas level 0,6750 atau puncak harian dapat bertemu dengan penawaran jual baru di dekat titik tembus support pertemuan 0,6780-0,6800 yang berubah menjadi resistance. 

Untuk penguatan berkelanjutan ini bisa memicu rally short covering dan dapat mengangkat pasangan mata uang ini ke rintangan relevan berikutnya di dekat 0,6875-0,6880 di mana diikuti oleh 0,6900 dan level fibo 23,6% di sekitar 0,6925 yang bisa membatasi kenaikan. Oleh sebab itu inilah perkembangan terkini untuk AUD/USD.

KOMENTAR DI SITUS

FACEBOOK

Tampilkan komentar yang lebih lama