Berita

Rumah Pusat Edukasi Data Market Berita Perdagangan Dolar Australia Cenderung Stabil di Tengah Ombang-Ambing Kurs AUD/USD

Dolar Australia Cenderung Stabil di Tengah Ombang-Ambing Kurs AUD/USD

by Didimax Team

Dolar Australia, Dolar AS, kurs AUD/USD, dan PMI tengah menjadi tren pembicaraan di dunia trading. Di saat Dolar Australia beranjak stabil, prakiraan inflasi justru semakin kabur. Para trader harian harus lebih waspada dan jeli dalam membaca fluktuasi kurs satu ini.

Apakah tren sedang dimainkan, atau akankah penembusan memberikan arah AUD/USD? Ini tentunya akan menjadi pertanyaan banyak trader pada pekan ini. Dinamisnya pasar trading membuat para trader harus lebih lama siaga untuk mencari momentum yang tepat.

Dolar Australia telah memulai minggu ini berkonsolidasi dengan penguatan data PMI dan risalah rapat RBA yang dirilis hari ini. PMI komposit Bank Jibun masuk di 49,2 untuk Februari dibandingkan 48,2 sebelumnya dan meskipun menunjukkan peningkatan, tetap di sisi kontraksi 50.

 

Potensi Inflasi yang Belum Pasti

Risalah rapat RBA mengungkapkan sebagian besar hal yang sudah diketahui pasar. Oleh karena pergerakan suku bunga yang diperkiraan bakal naik di angka 3,75% maka potensi inflasi pun ikut mereda ke angka 4,75% di pengujung tahun nanti.

Namun, ini masih menjadi prediksi mentah sebab segala potensi bisa saja meruntuhkan. Apalagi jika mengingat ketegangan antara Rusia-Ukraina yang tak kunjung menemukan titik terang. Ketergantungan pangan dalam hubungan bilateral negara menjadi suatu hal yang patut diperhatikan mengingat dampaknya begitu masif.

Pasar berjangka memperkirakan puncak suku bunga tunai 4,20% akhir tahun ini. Ada banyak aspek cerah prospek ekonomi Australia, tetapi masalah potensial bisa terletak pada kenyataan bahwa CPI melampaui PPI dan inflasi harga upah.

IHK tahun ke tahun hingga akhir 2023 adalah 7,8% dan PPI untuk periode yang sama adalah 5,8%. Besok akan melihat Biro Statistik Australia (ABS) merilis Indeks Harga Upah. Survei ekonom Bloomberg memperkirakan peningkatan 3,5% sepanjang tahun hingga akhir Desember.

Bukan waktu yang lama juga sebenarnya mengingat kuartal pertama ini banyak negara yang mengalami keguncangan ekonomi. Ancaman resesi yang semakin nyata memaksa masing-masing negara harus berpegang secara mandiri terhadap sumber daya lokal yang mereka miliki.

Sementara bagian tertajam dari “kapak” kebijakan moneter adalah hipotek perumahan, bisnis juga menghadapi biaya pendanaan yang lebih tinggi ketika kebijakan diperketat. Oleh karenanya, bisnis saat ini dapat meneruskan peningkatan biaya input pada tingkat yang lebih cepat daripada yang mereka alami.

Ini mungkin menjadi perhatian RBA ketika ekspektasi inflasi yang mengakar/tertanam disorot sebagai masalah. Jika konsumen dapat menanggung beban biaya input yang lebih tinggi dan memperluas margin keuntungan bagi perusahaan, ini mungkin menunjukkan bahwa tekanan harga konsumen masih meningkat.

Jika IHK kuartal pertama menjadi panas, sekali lagi, RBA mungkin harus menilai kembali prospek suku bunganya dan ini mungkin memiliki konsekuensi untuk AUD/ USD. Lagi-lagi, pergerakan kurs yang ada mengharuskan para trader menganalisis dengan cermat dan rinci aspek-aspek yang memengaruhinya.

Analisis Teknis AUD/USD

Dolar Australia telah stabil minggu ini dan tetap berada dalam saluran tren naik. AUD/USD terlihat lebih rendah pada Jumat lalu karena turun sebentar di bawah garis tren naik jangka pendek. Menemukan dukungan sebelum garis tren naik jangka panjang yang membentuk band bawah dari saluran tren naik.

Simple moving average (SMA) 200 hari saat ini terletak di dekat garis tren tersebut dan dapat terus memberikan support di sekitar 0,6800. Terendah yang terlihat minggu lalu di 0,6812 mungkin juga memberikan support.

Rentetan breakpoint dan posisi terendah sebelumnya di area 0.6855—0.6877 juga bisa menjadi zona support. Reli minggu ini telah berjuang untuk mengatasi SMA 260-hari saat ini di 0,6915. Penembusan bersih di atas SMA 260 hari atau di bawah SMA 200 hari, mungkin melihat momentum berkembang ke arah itu.

Yang perlu para trader amati dalam catatan ini ialah poin khusus mengenai resistance. Pergerakan yang cenderung pelan dan fleksibel membuatnya berperan vital dalam pekan dinamis ini.

Di sisi atas, resistance dapat ditawarkan di breakpoint dan puncak sebelumnya di 0,6984, 0,6996, 0,7011, dan 0,7030. SMA 21-hari saat ini berada di dekat 0,6984 dan mungkin menawarkan hal yang sama. Sepertinya, resistansi cukup amat dibutuhkan pekan ini.

KOMENTAR DI SITUS

FACEBOOK

Tampilkan komentar yang lebih lama