Berita

Rumah Pusat Edukasi Data Market Berita Perdagangan Rilis Terbaru PMI AS dan Volatilitas EUR/USD yang Tetap Ringan

Rilis Terbaru PMI AS dan Volatilitas EUR/USD yang Tetap Ringan

by Didimax Team

Dolar AS kembali beraksi setelah akhir pekan dan bergerak sedikit lebih tinggi di awal perputaran Eropa. Greenback telah mendorong lebih tinggi akhir-akhir ini, dibantu oleh imbal hasil Treasury AS yang lebih tinggi. Investor terus mempertimbangkan harga yang lebih tinggi untuk suku bunga yang lebih lama.

Tarif terminal di AS (tarif yang terlihat tidak membatasi atau akomodatif) sekarang terlihat di 5,29%, menunjukkan tarif Fed Fund (FF) 5,25%-5,50%. Tingkat FF saat ini adalah 4,50% hingga 4,75%.

 

PMI AS Dapat Menambahkan Konteks Pasar

Hari ini PMI AS terbaru akan dirilis, indikator berwawasan ke depan yang diikuti oleh banyak orang di pasar trading. Para trader akan siap siaga menentukan langkah trading yang mereka ambil kemudian. Tentunya, dengan meniliki dan mencermati bagaimana konteks pasar yang ada.

Fluktuasi pasar memang akan selalu menjadi keniscayaan. Akan tetapi, selalu akan ada pola yang tergambarkan dan dapat dianalisis setiap pekan maupun bulannya. Inilah yang oleh para trader coba maksimalkan guna meraup selisih harga jual.

Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi, sementara angka di bawah 50 menunjukkan kontraksi ekonomi. Sementara PMI hari ini akan menarik minat pasar, risalah FOMC besok kemungkinan akan lebih berpengaruh, terutama setelah retorika hawkish yang terdengar terus-menerus selama dua minggu terakhir.

Jika risalah menunjukkan bahwa beberapa anggota Fed telah mendorong tingkat 50 basis poin, maka pasar dapat menilai ulang proyeksi tingkat terminal mereka lebih tinggi lagi. Pembicaraan Fed yang hawkish dan penetapan harga ulang ekspektasi suku bunga AS dapat dilihat dengan jelas di indeks dolar AS (DXY).

Indeks inilah yang menjadi kunci para trader menimbang keputusan yang akan mereka ambil. Menilik seberapa potensialkah suatu kurs untuk dikonversi ke bentuk lain yang lebih profitabel. Selain itu, juga untuk mengevaluasi pergerakan pasar trading dari pekan ke pekan.

Greenback menghentikan aksi jual jangka panjang pada awal Februari dan berbalik naik tajam pasca NFP AS. USD sekarang diperdagangkan dengan nyaman di atas rata-rata pergerakan 20 dan 50 hari dan sekarang menggunakan area resistensi sebelumnya sebagai area dukungan baru.

Level resistance berikutnya terletak di 104,30, sementara ada zona support kecil sampai ke 102,94 (20-dma) yang seharusnya bertahan di lingkungan saat ini. Sebuah catatan yang mungkin agak mengecewakan, tapi masih bisa diupayakan lagi sebetulnya.

Volatilitas Tetap Ringan Meski EUR/USD Diperdagangkan

EUR/USD telah berhasil menemukan support sementara di atas 1,066, mendorong harga ke kisaran ketat lainnya di sekitar 1,069. Dengan pasangan mata uang utama yang saat ini rentan terhadap hambatan politik dan fundamental, hari libur umum di AS (Hari Presiden) telah berkontribusi pada momentum yang lesu hari ini.

Karena pelaku pasar terus fokus pada kebijakan bank sentral dan risiko resesi, agenda ekonomi dapat berkontribusi untuk mendorong volatilitas selama sisa minggu ini. Untuk mengantisipasi risalah FOMC hari Rabu, ekspektasi suku bunga kemungkinan akan tetap berada di garis depan sentimen risiko.

Sementara Federal Reserve dan ECB (Bank Sentral Eropa) telah menegaskan kembali komitmen mereka untuk menjinakkan inflasi. Ini dilakukan melalui kenaikan suku bunga tambahan, suku bunga yang lebih tinggi, dan tekanan harga yang terus-menerus terus membebani konsumen.

Untuk Eropa, data sentimen ZEW untuk Euro dan Jerman akan membantu memberikan wawasan tentang bagaimana analis memperkirakan kinerja ekonomi selama enam bulan ke depan. Sementara data inflasi dapat membantu mempersiapkan ECB yang diperkirakan akan menaikkan suku bunga dengan tambahan 50 basis poin (0,5%) di bulan Maret.

Setelah pembentukan candle hammer pada hari Jumat (17/2) lalu, pemantulan dari support Fibonacci di 1,061 (Fibonacci 38,2% dari pergerakan 2021), mendorong harga ke resistance garis tren (dari tertinggi Februari) di sekitar 1,069.

Karena ATR (average true range) pada grafik harian terus menurun (menunjukkan volatilitas rendah), kombinasi sentimen ekonomi, inflasi, dan ekspektasi suku bunga dapat membantu EUR/USD menembus kisaran saat ini jika data memberikan kejutan yang dapat memaksa investor untuk mengubah harga perubahan latar belakang fundamental.

KOMENTAR DI SITUS

FACEBOOK

Tampilkan komentar yang lebih lama