Pusat Edukasi

Rumah Pusat Edukasi Belajar Forex Pusat Edukasi Gratis Trading Mata Uang CHF/JPY Simak Tips dan Karakteristiknya

Trading Mata Uang CHF/JPY Simak Tips dan Karakteristiknya

by Didimax Team

Mata uang CHF/JPY memang cukup unik, karena keduanya sering dipandang sebelah mata. Berbeda dengan Dollar Amerika, atau Eropa yang memang menarik untuk dipilih para trader.
 
Walau kurang populer, pasangan ini tetap mempunyai volatilitas tinggi. Jika Anda menginginkannya maka pahami dulu karakteristik sekaligus tips untuk melakukan trading agar mendapatkan profit dan mengurangi kerugian.
 
Karakteristik dari Mata uang CHF/JPY
 
Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan pasangan ini di trading, sebaiknya lihat dulu bagaimana karakteristiknya. Hal ini sangat penting sebagai upaya dalam mengatur strateginya seperti apa, agar profit.
 
Perlu diingat satu pasangan dengan lainnya punya langkah yang berbeda, pergerakan serta analisa Fundamentalnya juga. Oleh karena itu, pastikan beberapa hal di bawah ini sudah dimengerti terlebih dulu.

1. Volatilitasnya Tinggi

Mata uang CHF/JPY merupakan pair yang cukup efektif, mengingat kedua negara punya sistem perekonomian sangat kuat. Sayangnya pergerakan harganya sangat tinggi, sampai sulit ditebak harus seperti apa.
 
Bagi trader dengan gaya jangka panjang, sepertinya tidak perlu mencobanya. Bisa-bisa kerugian akan datang, walau begitu tidak semua hal buruk terjadi ketika memutuskan untuk menggunakannya dalam perdagangan.
 
Pergerakannya terkenal sangat cepat sekaligus besar. Bagi yang punya gaya jangka pendek, seperti inilah pilihan paing tepat. Jadi Anda dapat memanfaatkan selisih harga yang sekiranya terjadi.
 
Dari segi keuntungan memang begitu rendah, tetapi kalau setiap keputusan selalu tepat. Bukan tidak mungkin mendapatkan profit sangat besar walau harus bersabar dan terus mencoba, agar paham pergerakannya.
 
Kami menyarankan untuk hati-hati, karena bisa saja mata uang CHF/JPY membuat Anda rugi. Jangan lupakan manajemen resiko, serta berbagai analisa terlebih dulu, jangan terburu-buru agar hasilnya maksimal.

2. Likuiditas Rendah

Kondisi likuiditas rendah seperti ini memang tidak menguntungkan. Hanya saja, mereka yang sudah profesional akan memanfaatkannya menjadi cuan. Walau begitu kondisi ini tidak lepas dari keadaan negara tersebut.
 
Jadi jangan pernah malas untuk membaca berita serta kebiasan untuk mengetahui bagaimana pergerakan selanjutnya sangat penting. Hal tersebut bisa menjadi penenentu apakah tren sedang terjadi atau sebaliknya.

3. Jadi Safe Heaven

Mata uang CHF/JPY menjadi salah satu produk yang cukup diminati oleh sebagian besar trader karena termasuk dalam safe heaven. Alasannya hampir sama seperti melakukan investasi emas.
 
Bila ada gejolak dunia yang menyebabkan aset tersebut turun, maka pasangan tersebut tetap akan stabil. Kalau ikut terjadi penurunan, tingkat kerugiannya tidak terlalu besar, berbeda dengan lainnya.
 
Sebagai informasi, biasanya Pair tersebut akan mengikuti harga dari emas. Apabila mengalami kenaikan, kemungkinan besar nilai tukar ini juga mengalami tren sehingga, mudah untuk memprediksinya, tetapi jangan jadi patokan.
 
Tetap lakukan analisa baik itu fundamental dan teknikal agar kepastiannya terjamin. Keduanya menjadi senjata ampuh terlebih pasangan ini pergerakannya selalu stabil di pasar, jadi sedikit lebih mudah dalam memaksimalkan profit.

Cara Melakukan Trading Mata Uang CHF/JPY

Setelah memahami karakteristiknya, sekarang saatnya Anda melihat bagaimana caranya melakukan trading. Ada beberapa langkah dan tips yang bisa kami berikan, semoga membantu memaksimalkan profit serta mengurangi resiko.
 
Pada dasarnya untuk swiss france dan Yen sendiri perlu strategi tepat sehingga, mudah dalam menentukan posisi sell atau buy. Oleh karena itu, perhatikan betul pembahasan kami di bawah ini

1. Analisa Fundamental Harus Diperhatikan

Mata uang CHF/JPY menjadi pair yang cukup stabil pergerakannya, hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi para trader. Hanya saja jangan terlena, untuk melakukan posisi tanpa melihat analisa fundamentalnya.
 
Swiss France menjadi salah satu pilihan terbaik investor terutama saat menghadapi gejolak gloibal, terutama saat terjadinya ketidak pastian ekonomi. Maka dari itu, perhatikan berbagai kabar terlebih dulu,
 
Bukan hanya negara Swiss atau Jepang, melainkan keseluruhan secara global. Termasuk ada atau tidak konflik timur tengah, bagaimana pergerakan minyak dunia dan emas, serta kondisi Amerika Serikat.
 
Hal ini sangat penting karena Yen sendiri sering digunakan sebagai pembayaran carry trade. Dimana pergerakannya sangat bergantung pada kondisi global secara keseluruhan serta ekonomi dalam negeri.
 
Jadi, kami menyarankan untuk melakukan analisa Fundamentalnya secara mendalam. Faktor geopolitik memiliki peranan besar dalam pergerakan harganya, mulai sekarang jangan malas membaca atau mencari informasi tentang keadaan global.
 
Semakin lengkap berita yang Anda dapatkan dan itu valid, maka bukan tidak mungkin, trading dengan Mata uang CHF/JPY akan mendapatkan cuan besar. Hal ini bisa diraih saat emas naik.

2. Analisa Teknis yang Bisa Dilakukan

Ketika analisa fundamental sudah dilakukan, sekarang saatnya melihat bagaimana analisis teknisnya. Kondisi ini menjadi salah satu yang strategi yang harus dilakukan oleh semua trader sehingga, mampu memaksimalkan keuntungan.
 
Poin pertama yang perlu diperhatikan adalah pola grafiknya, coba lihat bentuknya dulu seperti apa. Mulai dari bahu, kepala dan lain sebagainya, setelah itu cobalah memakai indikator RSI untuk memprediksi harga.
 
Strategi trading mata uang CHF/JPY juga bisa menggunakan stochatis atau MACD. Semua kembali ke Anda, mana yang nyaman dan mudah dipahami begitu saja, jadi jangan terpaku pada.

Beberapa Contoh Kasus Ketika Trading

Agar lebih mudah dalam melakukan eksekusi, kami menyarankan untuk menggunakan akun demo terlebih dulu. Kemudian, cobalah memakai langkah dan strategi berikut siapa tahu akan berhasil.
 
Sebagai catatan, apa yang kami sampaikan dibawah ini hanya contoh saja, bukan merupakan prediksi. Kemungkinan akan berbeda pada saat trading, tetapi bisa menjadi bahan inspirasi.

1. Mengambil Posisi Long

Ketika para trader memutuskan untuk mengambil posisi long, dengan analisa pada grafik ternyata terjadi bullish beberapa perdagangan terakhir. Maka kemungkinannya akan terjadi tren dan statusnya terus menguat.
 
Ketika harganya menunjukkan 130, maka titik masuknya ambil di angka 135. Kemudian untuk pemasangan stop lossnya usahakan di angka 134, atau berada di titik terdekat, sehingga tidak terlalu rugi.
 
Jangan lupa juga menerapkan take profitnya. Kalau situasi dari berita menunjukkan kondisi bagus, maka bisa memakai target realistis di titik 150 dan 180. Jangan lebih dari itu, takutnya pergerakan palsu.
 
Tetapi kalau keadaan global sangat bagus, dan keyakinan Anda dengan melihat pengalaman beberapa trading belakangan yakin tren menguat. Mengambil posisi 200 sebenarnya tidak masalah, hanya saja ini beresiko.
 
Sekali lagi, dalam keadaan seperti ini psikologi trading akan berperan besar. Boleh yakin, tetapi lihat lagi bagaimana pengalaman kemarin dan situasi global, jika ini pertama kali lebih baik realistis saja.

2. Mengambil Posisi Short

Mata uang CHF/JPY ini memiliki volatilitas tinggi, ketika gaya Anda adalah jangka pendek. Maka kami menyarankan, saat harga ada di level 120, cobalah membukanya di angka 120,5.
 
Untuk stop loss 120 dan take profit 122. Penerapan tersebut bisa berubah kalau keadaan perekonomian global bagus, karena kemungkinan akan menurun sangat tipis pasti naik tajam.
 
Tetapi, saat melihat dengan analisa teknikal dan fundamental ternyata terjadi pelemahan. Maka, lihat pergerakannya setiap 10 menit, atur ulang agar mendapatkan keuntungan dari selisih harga.
 
Misalnya, jam 10 pagi di angka 130, kemudian pukul 10.10 di pergerakannya naik 135, lalu turun ke 132, keuntungan yang bisa didapatkan adalah 3 poin. Lakukan seperti itu seterusnya.
 
Mata uang CHF/JPY memang belum populer, walau begitu tidak ada salahnya Anda mencoba, dengan pedoman contoh di atas, mungkin bisa menjadi referensi untuk memulainya di trading berikutnya.

KOMENTAR DI SITUS

FACEBOOK

Tampilkan komentar yang lebih lama