Berita

Rumah Pusat Edukasi Data Market Berita Perdagangan XAU/USD Mulai Turun Usai Berada di Puncak Beberapa Hari

XAU/USD Mulai Turun Usai Berada di Puncak Beberapa Hari

by Didimax Team

Beberapa hal mempengaruhi perkembangan perdagangan mata uang di dunia. Salah satunya adalah XAU/USD yang sempat berada di puncak tertinggi perdagangan global selama beberapa hari terakhir.

Tentunya salah satu faktor penyebabnya datang dari harga emas yang diperdagangkan di pasar global. Harga emas saat XAU/USD naik jatuh ke angka 1850-an dolar AS.

Pada perdagangan tersebut emas mengalami pelemahan harian yang mencapai lebih dari 0,5 persen. Kondisi ini terjadi usai adanya data yang menunjukkan kenaikan pekerjaan AS yang mulai menguat.

Peningkatan ini memberikan dampak yang signifikan terhadap perdagangan mata uang di Amerika Serikat dan dunia. Terutama terkait dengan pemberian upah bagi pekerja yang sudah mulai produktif.

Akan tetapi, tekanan terhadap upah untuk pekerja sudah mulai mereda. Hal tersebut juga memungkinkan pengurangan tekanan dari The Fed dalam melakukan pengetatan yang agresif di negara Amerika Serikat.

Tentunya pengetatan yang dilakukan juga dipengaruhi oleh beberapa hal mendesak. Hal tersebut mampu mempengaruhi beberapa hal yang mempengaruhi perdagangan pada pasar global pada jenis XAU/USD.

 

Kabar Terbaru XAU/USD

Keberadaan XAU/USD juga dipengaruhi oleh menjelang data PMI Layanan ISM AS dan banyak hal lain tentang pembicaraan Fed. XAU/USD juga diperdagangkan lebih tinggi di beberapa hari.

Akan tetapi, keberadaan XAU/USD sudah mulai turun dari posisinya. Salah satu penyebabnya adalah adanya laporan resmi pasar tenaga kerja AS terbaru sehingga cukup mempengaruhi proses perdagangannya.

Laporan tersebut mengungkap adanya 390 ribu pekerjaan yang sudah ditambah di bulan Mei lalu. Angka tersebut melebihi perkiraan pemerintahan AS yang hanya memprediksi di angka 325 ribu.

Selain itu, pasar dari AUS/USD juga melihat reaksi dari “hawkish” terhadap data. Dalam hal ini berarti reaksi terhadap harga yang muncul dari prospek pengetatan Fed yang mulai lebih agresif.

Pengetatan yang dilakukan the Fed ini menghasilkan imbal hasil obligasi AS yang lebih baik. Selain itu, juga adanya kenaikan dolar AS yang juga terdampak dari pengetatan yang dilakukan the Fed.

Kondisi tersebut membuat AS dalam 10 tahun terakhir mampu menaikkan sekitar 6 bps. Selain itu, kini juga sudah mulai mendekati 3,0 persen tingkat sehingga hal ini merupakan pengaruh yang positif.

Kini perdagangan XAU/USD sudah kembali ke posisi normalnya di area $1860. Dimana, pada level sebelumnya data berada di atas $1860-an selama beberapa hari yang memberikan dampak bagus pada perdagangan.

Hal ini membuat XAU/USD diperdagangkan lebih rendah sekitar 0,5 persen. Angka tersebut sudah mampu mencapai nilai tertinggi multi-minggu dekat di angka $1875 pada awal sesi.

Beberapa Faktor Penyebabnya

Di balik penurunan XAU/USD, logam mulia tetap memilih jalur pembukuan yang cenderung naik. Hal ini terlihat dari kenaikan moderat yang mencapai sekitar 0,3 persen pada perdagangan.

Hal ini juga didukung oleh kabar dari data pekerjaan AS terbaru yang juga ikut mempengaruhi perdagangan global. Adanya kenaikan data pekerjaan AS membuat adanya penurunan tekanan upah AS.

Beberapa hal terlihat dari kenaikan harga emas yang kini sudah mulai terlihat menurun. Tentunya penurunan ini juga memberikan dampak bagi beberapa hal yang terjadi pada pasar internasional.

Beberapa kenaikan harga emas memanfaatkan penurunan tersebut sebagai peluang baru. Khususnya sebagai peluang dalam menambah posisi pembeli dari berbagai penjuru dunia menjadi lebih luas untuk dijangkau.

Selain itu, kesempatan ini juga dijadikan target dalam pengujian ulang tertinggi mingguan. Dengan hal ini bisa membuat adanya kondisi yang lebih baik pada beberapa perdagangan emas dunia.

Tidak hanya itu, para analis juga ikut mendukung terkait beberapa fakta yang sudah ada. Dimana, para analis menyebut terkait dengan pengaruh metrik upah dalam laporan pekerjaan di bulan ini.

Hal ini berkaitan dengan hal penting yang harus difokuskan the Fed pada inflasi yang terjadi. Sehingga dalam hal ini bisa memberikan pengaruh pada perkembangan yang sudah terjadi terkait XAU/USD.

Karena hal itulah penting untuk mengetahui pengaruh dari data pekerjaan terhadap perkembangan XAU/USD. Karena hal itulah terdapat beberapa hal yang bisa mempengaruhi perkembangannya di perdagangan berikutnya.

Khususnya bagi yang berkaitan langsung dengan perkembangan dari perdagangan XAU/USD. Misalnya terkait kebijakan dari the Fed hingga terkait dengan apa yang perlu dijalankan untuk mengatasi inflasi.

KOMENTAR DI SITUS

FACEBOOK

Tampilkan komentar yang lebih lama