Berita

Rumah Pusat Edukasi Data Market Berita Perdagangan Melemahnya Indeks Hang Seng dan Lompatan Super Dolar Selandia Baru

Melemahnya Indeks Hang Seng dan Lompatan Super Dolar Selandia Baru

by Didimax Team

Pergeseran bertahap yang lebih rendah di Indeks Hang Seng (HSI) mencerminkan beberapa pelepasan kondisi overbought yang ekstrem. Sementara indeks dapat mengalami sedikit penurunan dalam waktu dekat, terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa tren naik telah berbalik arah.

Indeks HSI naik lebih dari 55% dari level terendah 14597 yang dicapai pada bulan Oktober, yang mana merupakan level terendah sejak Krisis Keuangan Hebat. Indeks Kekuatan Relatif 14 hari naik di atas 80 pada akhir Januari. Ini jadi catatan tertinggi dalam dua tahun terakhir.

 

Pergerakan Indeks Hang Seng

Level di atas 70 dianggap overbought dan semakin dekat RSI menuju 100, semakin sulit bagi pasar untuk mempertahankan kecepatan dan besarnya keuntungan. Indeks telah mundur dari batas yang cukup kuat pada garis horizontal dari awal 2022 (sekitar 22525), bertepatan dengan rata-rata pergerakan 89 minggu.

Dalam prosesnya, indeks telah jatuh di bawah support minor di level terendah akhir Januari di 21383. Tren pada grafik intraday (misalnya setiap jam) turun, dan belum ada tanda-tanda pembalikan.

Namun, pada grafik jangka waktu yang lebih tinggi, termasuk grafik harian, indeks berkonsolidasi dalam tren naik selama empat bulan. Luasnya pasar masih kuat bahkan setelah mundur, 88% anggota Indeks Hang Seng berada di atas DMA 100 masing-masing, dan 64% anggota berada di atas DMA 200 masing-masing.

Indeks mendekati area support konvergen penting: tertinggi awal Desember (19926), bertepatan dengan 89-DMA dan 200-DMA. Support yang lebih kuat berada di tepi bawah tutupan awan Ichimoku (sekarang sekitar 18000), kira-kira di sekitar level terendah akhir Desember di 18885.

Sisi bawah dapat tertahan dalam area 18885-19950. Indeks perlu menembus di bawah 18885 untuk membalikkan tekanan naik selama empat bulan.

Pergerakan indeks satu ini juga berpengaruh terhadap beberapa jenis kurs di pasaran, baik secara langsung maupun tidak langsung. Terlebih, jika menilik eskalasi RBNZ baru-baru ini yang cukup signifikan.

Dolar Selandia Baru Menanjak Tinggi Berkat Andil RBNZ

Dolar Selandia Baru terlempar lebih tinggi setelah Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) menaikkan target official cash rate (OCR) sebesar 50 basis poin (bp) menjadi 4,75% dari 4,25%. Kenaikan itu kurang dari pengangkatan jumbo terakhir sebesar 75 bp pada bulan November dan sebagian besar telah diantisipasi.

Pasar overnight index swap (OIS) telah memberi harga 45 bp sebelum keputusan. Sebagian besar ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan kenaikan 50 bp. Pasar OIS menetapkan harga puncak sekitar 5,40% akhir tahun ini.

RBNZ melihat tingkat uang tunai mencapai 5,5%. Reaksi langsung beranjak naik dari sekitar 0,6410 menjadi lebih dari 0,6440 sebelum mundur.

Tampaknya RBNZ tegas dalam menjinakkan tekanan harga. Hal ini menilik dari angka inflasi yang masih tinggi di negara ini yang menyentuh 7% jelang akhir tahun kemarin. Sementara itu, bank memiliki target inflasi tetap berada di rentang 1-3%.

Bencana yang baru saja terjadi di sana memantik Perdana Menteri Selandia Baru Chris Hipkins berkomentar. Ia menggambarkan topan itu sebagai bencana alam paling merusak di negara itu setidaknya dalam satu generasi.

Topan tersebut mengikuti hujan badai yang sangat deras di sekitar Auckland, kota terbesar di negara kepulauan itu. Dalam konferensi pers pasca-keputusan, Gubernur RBNZ Adrian Orr mengatakan bahwa bank melihat dampak dari peristiwa cuaca buruk yang menambah inflasi.

Mereka mengantisipasi bahwa pembangunan kembali akan menambah 1% pada PDB selama beberapa tahun mendatang daripada yang seharusnya terjadi. Dia mengatakan bahwa pergeseran ke atas 25, 50 atau 75 bp adalah opsi yang semuanya ada di atas meja, meskipun pembahasannya sebagian besar adalah kenaikan sekitar 50 atau 75 bp.

RBNZ melihat imigrasi meningkat lagi dan itu dapat mengurangi beberapa tekanan tenaga kerja, tetapi itu juga dapat menambah tekanan inflasi berbasis luas. RBNZ telah menjadi salah satu bank sentral yang lebih tajam.

Khususnya, dalam hal menjadi yang pertama memangkas suku bunga pada awal pandemi dan kemudian di antara para pemimpin dalam hal mendaki untuk menekan inflasi. Indeks ekuitas S&P/NZX 50 Selandia Baru terus meluncur lebih rendah karena berita tersebut menyusul kerugian yang terlihat awal pekan ini.

KOMENTAR DI SITUS

FACEBOOK

Tampilkan komentar yang lebih lama