Berita

Rumah Pusat Edukasi Data Market Berita Perdagangan Harga Emas Terbaru di Pegadaian, Kompak Naik

Harga Emas Terbaru di Pegadaian, Kompak Naik

by Didimax Team

Hari Minggu PT Pegadaian (persero) menjual emas dengan harga yang cukup bervariasi. Seperti yang Anda ketahui, pegadaian menjual 4 tipe emas berbeda yakni Antam, UBS, Retro, dan Batik.

Minggu ini harga emas untuk jenis Antam di pegadaian terlapor mengalami penurunan. Namun sedangkan untuk jenis emas produksi seperti UBS dan Retro kompak terjadi kenaikan dibandingkan perdagangan Sabtu lalu.

Sementara itu untuk tipe emas Antam dan Batik masih kosong harganya. Di pegadaian Anda bisa menemukan ukuran emas bervariasi yang dijual mulai dari 0,5 gram hingga paling besar 1.000 gram.

Harga emas tercatat memang bangkit lagi di perdagangan akhir pekan lini. Hal itu dikarenakan adanya penurunan pada imbal hasil serta kekhawatiran perbankan AS. Sehingga membuat harga logam mulia perlahan naik.

 

Emas Dunia Sempat Masuk Rekor Tertinggi Setahun

Pada Jumat lalu memang harga emas berhasil mengalami kebangkitan lagi di sesi perdagangan. Hal itu dikarenakan adanya penurunan imbal hasil serta kekhawatiran perbankan di Amerika Serikat.

Hal itu tentunya membuat harga emas menjadi safe heaven di jalur kenaikan bulanan kedua. Bahkan ini terjadi ketika inflasi AS yang cukup stabil membuat taruhan kenaikan suku bunga pekan depan semakin diperkuat,

Berdasarkan laporannya, harga emas berjangka di Amerika Serikat pada Jumat cukup stabil yakni di nilai 1.999,1 dolar AS. Sementara itu sepanjang minggu ini juga mengalami kenaikan sebesar 0,43%.

Itu juga merupakan bulan baik kelima selama enam bulan belakangan ini karena berhasil naik 0,65%. The Fed merilis penilaian cukup tajam serta detail mengenai kegagalannya melakukan identifikasi masalah.

Selain itu juga mengenai dorongannya memperbaiki di Silicon Valley Bank sebelum nantinya runtuh berikan pinjaman. Ini juga menyebabkan pengawasan yang dilakukan serta memberikan aturan lebih ketat.

Catatan the Fed semakin memuncak kurang lebih di waktu yang sama pada penurunan imbal hasil Treasury tempo 10 tahun. Hal itu juga membuat harga emas berubah jadi positif.

Namun tentunya semua itu tergantung pada apa yang nantinya diungkapkan oleh ketua Fed Jerome Powell pada pekan depan. Imbal hasil patokan yang turun setelah munculnya data memperlihatkan inflasi melambat keseluruhan.

Itu terjadi pada Maret kemarin dan menunjukkan juga kestabilan dari data belanja konsumen. Namun data tersebut memperlihatkan dasar tekanan harga yang kuat, memicu pedagang menambah bet naiknya suku bunga minggu depan.

Emas dunia terlihat kini tetap di kisaran ketat. Walaupun pada penutupan pekan ini di bawah angka 1.965 USD, namun bisa mengalami penurunan lanjutan. Sementara bulls nantinya akan terdorong lagi melebihi 2.000 USD.

Emas Capai Rekor Tertinggi

Berdasarkan laporan resmi dari Pegadaian, Minggu (30/4) harga emas Antam ukuran 1 gram 24 karat dijual 1.098 juta rupiah. Nilai tersebut tercatat lebih murah jika dibandingkan dengan harga Sabtu (29/4).

Sementara untuk harga emas pegadaian 24 karat jenis Retro ukuran 1 gram juga berada dikisaran 1.053 jua rupiah. Lalu emas pegadaian jenis UBS ukuran 1 gra, dijual di harga 1.051 juta rupiah.

Harga emas hari ini termurah di angka 561 ribu rupiah dan tertingginya di nilai 1.035,348 juta rupiah. Anda dapat langsung memantau rincian dari harga emas 24 karat langsung di situs resmi pegadaian.

Apabila Anda ingin membeli emas di pegadaian memang harus tahu jika harga logam mulia satu ini memang selalu berubah mengikuti market. Harga emas dunia yang masih ketat sampai sekarang.

Bahkan masih menjadi pertanyaan mengenai the Fed nantinya akan memberikan sinyal jeda atau tidak. Sementara itu untuk harga emas sendiri sudah sampai di level tertingginya dalam setahun akhir ini.

Di mana berada di angka 2.048,71 dolar AS tepatnya saat pertengahan April ketika krisis perbankan dimulai. Kurs dollar AS sendiri sekarang juga sedang mengalami penurunan bulanan.

Sehingga membuat harga emas batangan lebih murah untuk para pembeli yang berasal dari luar negeri. Sedangkan harga perak sendiri mengalami kenaikan sebesar 0,4% yakni di angka 25,04 USD per ons.

Untuk harga platinum justru mengalami penurunan sebesar 0,2% yakni jadi 1.074,88 dolar AS per ons. Sementara paladium naik jadi 1.499,32 dolar AS yakni sebesar 0,3%.

KOMENTAR DI SITUS

FACEBOOK

Tampilkan komentar yang lebih lama