Berita

Rumah Pusat Edukasi Data Market Berita Perdagangan Adanya Spekulasi Jeda Kebijakan Fed Membuat Emas Bersinar

Adanya Spekulasi Jeda Kebijakan Fed Membuat Emas Bersinar

by Didimax Team

Harga emas dalam beberapa waktu terakhir secara konsisten terus meningkat. Hingga hari ini, peningkatan tersebut masih terjadi. Ini terjadi menyusul isyarat dari Federal Reserve yang memperlihatkan kemungkinan kalau siklus pengetatan moneter akan berakhir.

Perubahan yang cukup signifikan sendiri terjadi pada harga emas spot. Harga emasnya meningkat sekitar 0,19 persen atau sekitar 1,93,29 dollar AS per ons. Emas spot sendiri bukan satu-satunya jenis yang mengalami peningkatan. 

Peningkatan sebenarnya dialami juga oleh emas berjangka. Ada kenaikan sekitar 1,34 persen yang dialami oleh jenis emas tersebut. Dengan presentase kenaikan yang lebih tinggi dari emas spot, nilainya menjadi 1.975,70 dollar AS per ons.

2023 ini memang bisa dikatakan cukup unik. Pasar nampaknya memiliki ekspektasi yang sama terkait perubahan suku bunga. Hamper setiap pihak yakin kalau penurunan suku bunga adalah kebijakan terbaik di tahun tersebut. 

Dengan adanya ekspektasi tersebut, efek secara psikologis jelas terlihat. Ini membuat kemungkinan emas menyentuh angka 2.000 dollar menjadi semakin realistis. Hal tersebut memang tidak akan terjadi jika tidak ada perubahan pada suku bunga.

Memang beberapa orang menganggap kalau angka 2000 dollar tersebut sebelumnya tidak realistis. Namun melihat arah perubahan yang sekarang terjadi, menuju angka 2000 dollar sudah semakin dekat. 

Belum lagi banyak orang di luar sana yang pada dasarnya terus mendukung agar emas mencapai angka tersebut. Oleh karena itu tidak heran jika perubahan menuju angka tersebut bisa terjadi lebih cepat dari perkiraan.

 

The Fed Sudah Menaikkan Suku Bunga

Keputusan dari The Fed terkait suku bunga sudah dibuat. Hasilnya, ada kenaikan suku bunga sebesar seperempat persentase poin atau 25 bps. Walaupun kenaikannya sesuai ekspektasi, ada indikasi kalau kenaikannya akan segera dihentikan.

Ini terjadi menyusul kekhawatiran tentang sector perbankan yang sekarang sedang terjadi. Perlu diingat, dua pemberi pinjaman AS sudah mengalami keruntuhan di awal bulan ini. Sebelumnya tidak akan ada yang mengira kalau kedua bank tersebut akan runtuh.

Dengan adanya kejadian ini, kemungkinan keruntuhan tersebut bisa saja dialami oleh segala pihak. Untuk menghilangkan kemungkinan tersebut, aspek pertama yang harus dihilangkan adalah kekhawatiran pelaku pasar.

Menghentikan kenaikan suku bunga sendiri adalah salah satu upaya terbaik yang bisa dilakukan. Ada pernyataan menarik yang dikeluarkan oleh pembuat kebijakan Fed. Pembuat kebijakan tersebut percaya kalau inflasi sebentar lagi akan terhenti.

Untuk merealisasikan hal tersebut, satu kenaikan suku bunga lagi masih diperlukan. Oleh karena itu, kebijakan tersebut besar kemungkinan akan diambil pada bulan selanjutnya. Ada juga pernyataan menarik lain dari ketua The Fed yaitu Jerome Powell.

Dalam konferensi persnya Powell mengatakan bahwa Fed akan melakukan berbagai upaya untuk menurunkan suku bunga. Namun target penurunannya adalah hingga mencapai 2%. Menurutnya menaikkan suku bunga ke angka lebih tinggi bisa dilakukan untuk mencapai titik tersebut.

Ada Juga Perkiraan dari Goldman Sachs

Goldman Sachs sendiri mengeluarkan perkiraan yang cukup mengejutkan. Pada perkiraan tersebut, terlihat kalau ada kenaikan dari perkiraan yang umum di kalangan pelaku pasar. Ada gambaran sebagai pelindung terbaik dari setiap risiko keuangan yang terjadi.

Ini sebenarnya bergabung dengan beberapa revisi kenaikan yang memang sudah terjadi. Revisi kenaikan tersebut berasal dari beberapa pihak mulai dari ANZ, Commerzbank, hingga Citi. Sebenarnya emas sendiri sempat mencapai level tertinggi satu tahun.

Angka tersebut membuat harga emas menyentuh 2000 dollar AS. Tentu meningkatnya emas hingga ke angka tersebut sebelumnya tidak terjadi dengan tiba-tiba. Ada permintaan safe haven yang sebelumnya sukses memengaruhi nilai emas.

Permintaan itu sendiri didorong oleh beberapa hal. Salah satunya adalah gejolak perbankan yang sedang terjadi dan tidak bisa dihindari lagi. Sebenarnya Ketika itu, harga emas akhirnya turun setelah penyelamatan Credit Suisse.

Namun sekarang, gejolak perbankan yang sebelumnya pernah terjadi nampak kembali walaupun situasinya tidak seratus persen serupa. Dengan adanya situasi tersebut, tidak berlebihan jika menyebut angka 2000 dollar ini akan terulang.

Menarik untuk dinantikan bagaimana perubahan pada harga emas dalam beberapa waktu ke depan. Walaupun memang, besar kemungkinan perubahan tersebut akan terjadi lebih lama dari perkiraan awal.

KOMENTAR DI SITUS

FACEBOOK

Tampilkan komentar yang lebih lama